“Random”nya Hobi Gue!

Gak terasa entar lagi gue udah SMA, udah selesai UAS, sebentar lagi UN. Kalo lulus, lanjut SMA, celana gue bakal ganti lagi deh. Dari biru, jadi abu-abu. Terpaksa beli baru lagi, kalo gue mau hemat sih bisa aja, tinggal gue cat aja tuh celana jadi abu-abu atau gak usah gue cuci-cuci dan dipake berulang-ulang sampe kotoran-kotoran keringat gue berfermentasi di situ. Simple, tapi itu bukan hemat namanya, kikir! Sesuai judul gue gak mau panjang lebar lagi soal celana sekolah, gue cuma mau berbagi dikit tentang hobi-hobi aneh gue. Cekidot!!

1. Tamiya

Pas kecil, loe pasti tau kan Tamiya?? Mungkin rata-rata orang yang masa kecilnya menyenangkan gak bakal asing lagi sama barang ini. Pas gue kecil, kelas 3 SD kalo gak salah, nih mainan lagi jaman banget. Kalo duit loe terbatas, loe bisa beli tamiya yang murah ya dengan kualitas ala kadarnya. Larinya aja mungkin kalo balap sama capung di Sentul palingan juga kalah. Duit banyak?? Loe bisa beli yang mahal, harganya bisa 400 ribu – 1.5 juta lebih, bahkan sampe berjuta-juta. Harga menentukan kualitas dong, Bro! Kalo yang ini loe bawa pulang pergi Jakarta-Semarang juga masi sehat-sehat aja ๐Ÿ™‚ . Ya, gue jelas punya barang yang satu ini, gue sampe pernah beli yang harganya ampe 800 ribu. Gue kali itu yakin banget dah sama tenaganya sampe-sampe gue taruhan sama tetangga nge-adu Tamiya gue sama 5 ekor kepiting batu dewasa punya dia. Dan kesalahan terbesar gue adalah menerima taruhan itu. Lho?? Bukannn!! Loe jangan mikir kalo nge-adu disini adalah balapan, tapi nge-adu kepala. Yah, bisa dibilang kayak laga kambing atau laga ayam gitu. Jelas Tamiya mahal gue kalah, apalagi kepitingnya ada 5 ekor, jelas Tamiya gue “diasepin”. Tamiya gue rusak, dalam keadaan mengenaskan dan itu terakhir kalinya gue main Tamiya. Dan yang masih gue inget itu, tiga dari lima ekor kepitingnya mati karena pas mereka “ngeroyok” Tamiya gue, ketiga kepiting tak berperasaan itu nelen dinamo Tamiya gue, pantes aja pas gue bawa pulang dinamonya tinggal 1/4 . Mampus loe, Ting!

ย  2. Smack-Down (Cikal Bakal Hobi Modifikasi)

Dan kegiatan yang pernah gue hobi-in itu salah satunya Smack-Down. Ini hal yang sangat wajar, apalagi dulu emang sempet jaman-jamannya Smack-Down. Dulu gue selalu nonton kalo The Rock main. Sampe-sampe gue hafal lagu pas dia masuk ke ring, betapa polos gue waktu itu. Dan yang paling laknat itu adalah dulu gue sempet punya cita-cita jadi pemain Smack-Down, sampe-sampe gue nge-pillox kolor gue jadi warna hitam dan gue tempel sticker dragonball untuk menambah kesan bengis. Entah kenapa dulu gue suka memodif kolor-kolor gue. Dan yang parahnya, gue jadi suka nunjukin kolor gue ke temen-temen SD dan banyak diantara mereka mengikuti aliran sesat gue. Otak usaha gue keluar, kali ini naluri gue berbicara, gue buka Jasa Desain Kolor di sekolahan. Walaupun awalnya laku keras, akhirnya usaha gue merugi karena dianggap kontroversi oleh orang tua murid. Karena banyak anggapan orang tua yang berfikir kalo memodif sesuatu itu hanya akan menurunkan harga jual. Apakah mereka menjual kolornya? Biar mereka yang menjawab. Akhirnya usaha gue tutup, padahal menurut gue, modifikasi kolor itu adalah bagian dari seni yang tak terpisahkan. Padahal, sempitnya lapangan kerja, memaksa orang untuk berwiraswasta, menjadi desainer kolor salah satunya.

3. Yoyo

Siapa yang gak tau mainan yang satu ini, kalo loe gak tau, gue rasa loe imigran dari pedalaman suku Maya. Yup, dulu gue suka banget sama mainan ini, sampe-sampe gue suka nge searching youtube untuk nge-liat para trickster-trickster Yoyo profesional. Gue juga punya beragam jenis yoyo, tapi gue gak punya yang mahal, kali ini ortu gue bener-bener nge-laknat gue. Apa mungkin mereka takut kalo gue taruhan balapan yoyo gue sama pedati. Entahlah. Gue sempet lama punya hobi ini, sayang gue emang gak bakat. Yang ada hidung gue berdarah tiga kali karena nyoba trik-trik yang ada di internet. Kali ini gue bener-bener gak bakat.

4.ย  Ngerakit Laptop

Gue gak ngerti kenapa gue bisa suka sama kegiatan yang bahkan gue gak ngerti sama sekali. Waktu itu gue cuma nge-buka mur yang ada di laptop, terus gue pasang lagi, ngecolok flash-disk, terus gue cabut lagi. Hal itu membuat gue merasa menjadi seorang Machine Engineer profesional yang bisa nge-buat virus HIV nyerang PC. Semenjak itu gue suka nge-rakit laptop. Gue bingung.

5. Koleksi Jersey Bola

Ini hobby, yang emang bener-bener gue sukai sampe sekarang. Semenjak gue ngejalani hobi ini, duit gue cepet keringnya. Dikit-dikit beli jersey, ada yang murah aja, keren, trendy pasti langsung gue beli. Sampe gue nge-jual jersey KW sampe sekarang, itung-itung bisa nambah uang jajan dan meringankan beban orang tua gue dalam menyokong keuangan untuk beli jersey buat gue. Hehe. Tapi akhir-akhir ini gue mulai makin miskin sampe gue kepikiran buat nge-rajut kolor-kolor gue untuk dijadiin jersey bola. Lebih ramah lingkungan ,kan? Dan pastinya ramah sama kantong tapi gak ramah sama “alat” gue karena gak dipakein baju.

6. Otomotif

Loe harus percaya, kalo sekarang gue entah kena setrum apa bisa hobi automotif, terutama mobil dan lebih detailnya bagian modifikasi, baik eksterior, interior, maupun mesin. Gue jadi suka buka modifikasi.com dan bosmobil.com dan sebagainya. Berkat hobi ini, pengetahuan gue tentang mesin bertambah dan lagi-lagi gue kepengen kuliah di teknik mesin. Gue juga jadi sering mikir, kenapa gak dibuat balapan manusia lawan hewan maupun tumbuhan. Yah, mungkin bisa aja drag race Mitsubishi Lancer lawan Merpati Berhelm Kuning atau Nissan Skyline lawan Bunga Seroja Berbatang Coklat.

Yah, minimal kalo emang gak bisa, dibuatin kek kendaraan buat hewan dan tumbuhan, mana tau aja F1 jadi lebih variatif dengan hadirnya hewan-hewan di dalam tim. Manusia emang egois yah! Dan berita teraktual katanya ada atlet sepatu roda nantangin Alonso balapan. Gaktau deh gimana nasib tuh atlet.

Ha, gue juga banyak kenal istilah-istilah baru, kayak N/A, PnP, Engine Swap, dsb. Bisa dicari kok di Google yang penasaran. Gue bagi satu aja nih, kalo Engine Swap itu gampang aja, loe mungkin bisa tau sendiri dari namanya. Engine Swap itu nge-ganti mesin mobil atau mengkolaborasi mungkin yah. Misal loe, punya Suzuki Swift ST, itu kode mesinnya M15, 1500 cc. Kalo loe kurang puas sama tenaganya, bisa loe swap(ganti) ke mesin M18, 1800 cc yang biasa dipake Suzuki Sport. Tapi, biasanya Engine Swap ini dipake untuk mobil-mobil tua yang mesinnya udah tua ke mesin yang lebih baru. Dan lebih baik, kalo loe mau swap dianjurkan ke sesama merk mobil yang sama, supaya lebih match ke mobilnya. Biasanya selain untuk nambah tenaga, cara ini juga untuk memremajakan mesin mobil tua.

Dan loe jangan mikir kalo Engine Swap ini bisa ke semua mesin, kan gak mungkin loe punya Mobil Jazz mesinnya loe swap ke mesin motor Supra X. Dan gak boleh juga si mesin kebesaran tenaganya untuk si mobil. Jadi, ada syaratnya juga, Bro. ๐Ÿ™‚ Sori yang ini kepanjangan, gue keenakan.

 

Itu dia beberapa hobi yang pernah gue sukain, sebenarnya banyak lagi sih, cuma yang penting-pentingnya aja yah. Tapi, terlepas dari itu semua, lo boleh kok suka sama kegiatan apa aja, selama itu positif dan gak nyusahin orang tua dan diri lo sendiri dan tentunya gak nge-ganggu pelajaran maupun kerjaan rutin kita. Jadi, jalani aja semua yang membuat lo bisa ngilangin stres lo. Kalo lo punya hobi-hobi yang konyol maupun aneh lainnya, bisa kok di comment di bawah. Thank’s ๐Ÿ™‚

“Carilah pekerjaan sesuai dengan hobimu, jadi bekerja itu serasa seperti bermain”

About Rizki Alfarizi

Namaku Rizki Alfarizi. Hobiku sama seperti laki-laki biasanya, Sepak Bola. Selain itu, aku juga hobi main game. Kedua hobi itu udah lama ku tekuni dan dinikmati. That's all..=)

Posted on Maret 27, 2013, in Cerita aja. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

